Friday, November 20, 2009

Money for ME?

"Uang itu hanyalah sebuah effect bukan tujuan"

Sering tuh dibahas tiap kali ada meeting dengan temen-temen sales. Kenapa sering diingatkan seperti itu, supaya nggak semata-mata nyari uang aja. Apapun yang dikerjakan, karena aku seorang sales, komisi yang didapat adalah effect aja dari terjadinya penjualan. Jadi nggak semata-mata nyari uang. Sebab kalo uang hanya satu-satunya tujuan bekerja atau melakukan sesuatu, akibatanya akan banyak jalan ditempuh hanya untuk mendapatkan uang, menghalalkan segala cara untuk dapat duit. Sebagai penjual, kalo perlu ya bohong supaya pembelinya percaya dan nurunin order, kalo pegawai yang penting daftar hadir full nggak pernah absen. Akibatnya, kemampuan nggak pernah bertambah, segala cara dipakai, kalo ternyata nggak tercapai uang yang dicari stres deh akhirnya......

lha terus kalo nggak cari uang ngapain bekerja? Bekerja adalah ibadah, uang memang yang didapat dari bekerja tapi bukan satu-satunya tujuan, tujuannya dari bekerja adalah beribadah. Kalo sudah beribadah, artinya jelas kan kemana semua effort / usaha ini ditujukan? Untuk Yang Maha Pengasih dan Penyayang, akibatnya insyaallah cara-cara yang ditempuh adalah cara-cara yang baik, barang-barang yang dijual juga barang-barang yang baik, hubungan bisnis dengan partner bisnis juga didasari hal-hal yang baik, yang insyaallah hasilnya pun juga lebih baik dan barokah.

Nah kalo ternyata uang itu udah didapat, terus? uang adalah alat. Kalo sudah alat, nggak ada bedanya dengan hammer yang digunakan sebagai alat pemukul, ada manfaatnya. Demikian juga uang, uang adalah alat untuk aku beribadah kepada Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Untuk membantu orang tua, menafkahi keluarga, berzakat, bersodaqoh, membeli buku-buku, membeli makanan yang halal dan menyehatkan, bersilaturahim dengan kerabat, dan pasti semua pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan-pekerjaan yang ada manfaatnya baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Ini adalah dasar yang aku tanamkan untuk diri aku sendiri,
uang adalah alat yang digunakan untuk beribadah dan didapat dengan cara
beribadah kepada Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
.

Share:

0 comments:

Post a Comment