Monday, November 23, 2009

Man Jadda Wajada

"Siapa yang bersungguh-sungguh berusaha akan mendapatkan apa yang diharapkannya"

Itulah Sunatullah-nya, Allah mempunyai hukum yang selalu berlaku di alam ini, dan ini yang biasanya terlupakan. Karena merasa sudah berdoa, menjalankan syariah dengan seksama, berderma dan taat pada orang tua, merasa berhak atas rejeki yang turunnya dari langit. Padahal sebaliknya diluar sana, jelas-jelas orang bule tuh banyak yang atheis, tapi terbukti bisa kaya. Ternyata memahami hidup dan kehidupan ini nggak bisa sepenggal-sepenggal, kalo diteliti lebih dalam, banyak yang bisa ngomong "aku bekerja sudah sungguh-sungguh lho!", tapi kesungguh-sungguhannya tidak nampak dalam setiap tindakan.
Pengalaman aku selama berhubungan dengan american maupun european, biarpun mreka nggak ngomong aku membangun bisnis ini dengan sungguh-sungguh, tapi kesungguhan itu justru terlihat dengan jelas dengan bagaimana dia menghandle bisnisnya dan pekerjaannya. Mereka terkondisikan untuk on-time karena menghargai banget waktu, ter-schedule dengan membuat prioritas-prioritas akibatnya sangat efektif, komitmen karena tau betul apapun yang dia perbuat akan selalu mengandung resiko dan detail. Padahal klo ditanya-tanya, dasar mereka berkerja hanya karena memang tuntutannya seperti itu untuk sukses, mereka nggak mengenal yang namanya bekerja adalah ibadah.

Dalam benak aku mengagumi, betapa hebatnya Islam yang selalu melandaskan segalanya sebagai ibadah, yang berarti segala hal yang diperbuat seorang muslim didunia ini akan dipersembahkan untuk Yang Kuasa. Kesungguhan itu sudah seharusnya ada diawal sebelum segalanya berjalan, tapi kenapa malah yang terjadi sebaliknya?

Aku salut banget buat siapa saja yang sudah bisa mematrikan dalam dirinya bahwa bekerja adalah ibadah diselimuti dengan kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik kepada sesama makhluk Tuhan, insyaallah yang namanya syurga dunia akan sangat mudah diraih dan syurga akherat insyaallah juga di dapat. Hebat ya orang-orang yang menjadikan jihad itu sebagai motor hidupnya....

"Ya Allah ajari aku untuk selalu dapat berusaha maksimal dengan
kemampuanku dan ajari aku untuk selalu mengandalkan Engkau dalam setiap hasil usahaku.
Amin
"
Share:

0 comments:

Post a Comment