Friday, July 8, 2011

Things We Forget: #709

Things We Forget: #709: "river valley road, singapore"

Agak menggelikan, setidaknya buat gw... Barangkali ada benernya klo emak selalu ngomong, "Lu tu ye sok sak karepe dewe!" (hihihi... jelaslah emak gw nggak mungkin ngomong pake Lu, yah tapi begitulah bahasanya)

Ya kan emang orang dewasa selalu ingin semua anak-anak mengikuti aturan main yang ada, tapi setelah gw rasain, aturan main yang ada sebenarnya hanya bertujuan satu, meringankan pekerjaan orang dewasa :))

Apakah kreativitas, kebebasan berimprovisai harus dikerdilkan dari semenjak anak-anak? bayangin aja, baru gw tau kalo ternyata dalam menggambar ada penilaian baku yang digunakan... bagaimana seharusnya pensil warna disapukan di kertas... kalo bukan yang langitnya berwarna biru, udah deh nggak bakalan jadi nominasi....

Cuman bisa menghela nafas... kadang gw kasian melihat anak-anak itu... yang sebenernya banyak akal dibilang nakal yang sebenarnya hanya ingin melihat ibunya tertawa dibilang usil... dan yang sebenernya hanya ingin tau, dibilang cerewet...

Anak-anak terjebak dalam ambisi orang dewasa... dibatasi pengertian egois antara kebaikan dan kebenaran... anak-anak korban komersiil dan propaganda... mereka tidak pernah paham, dan mereka, anak-anak itu tidak pernah menaruh curigan akan siapa yang diuntungkan...

disisi lain, mereka harus menahan kebebasan berexpresinya karena aturan... disisi lain mereka diexplorasi expresinya untuk meraup rupiah demi rupiah...
(gw sebel banget ngeliat iklan sinetron "Antara Cinta & Dusta", kenapa harus melibatkan anak-anak... tidakkah cukup mereka mendapat pengaruh saja dari ibunya yang juga suka ngeliat sinetron?...)

I miss my childhood...
Share:

0 comments:

Post a Comment